Tutorial Menambahkan Post, Menu dan Widget di Wordpress - WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003, yang dikembangkan oleh  Matt Mullenweg dan Mike Little. Awal mulanyanya wordpress hanya berfokus pada blog pribadi (blogger), dimana konten webnya hanya diurutkan secara kronologis. Namun dalam perkembangannya, wordpress kini sudah berubah dari sekedar blogging platform (hanya untuk membuat blog), menjadi aplikasi CMS yang bisa kita digunakan untuk membuat website diluar blog, seperti online shop, corporate website, situs edukasi, dll. Saat ini,  WordPress masuk kedalam kelompok aplikasi yang saat ini kita kenal sebagai Content Management System (CMS)CMS adalah suatu sistem untuk men-publish, mengedit, memodifikasi, menghapus, dan mengorganisasi konten secara terpusat. Untuk kelebihan wordpress sendiri, tentu sangat memuaskan bagi penggunannya :). Berikut beberapa kelebihannya:
  1. OpenSource CMS. Artinya kita bisa dapat mengedit script yang ada pada Wordpress sesuai dengan kebutuhan, jadi bagi anda yang sudah professional dalam pembuatan coding seperti html,css ataupun php. CMS ini sangat cocok sekali karena anda dapat membuat sebuah site yang Unik dan Bagus dengan tampilan yang Elegan tentunya.
  2. Sangat Mudah Digunakan. Kelebihan yang lain dari CMS Wordpress ini adalah dalam penggunaannya. Bagi anda yang merasakan bahwa mengurus website adalah pekerjaan yang rumit, maka CMS Wordpress ini menawarkan sebuah solusi. Memang untuk beberapa settingan advanced tambahan seperti maintenance sistem sebuah website memerlukan bantuan dari teknisi yang handal. Namun, dalam kegiatan yang akan dikelola seperti update sebuah artikel dan juga gambar. Dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Wordpress, dan juga kira kira hanya membutuhkan waktu satu jam untuk tampilan standard dalam pembuatan CMS dari wordpress ini.
  3. Aman. Walau bersifat terbuka, keamanan situs yang dibangun dengan wordpress memiliki keamanan yang dapat dikendalikan. Karena pada dasarnya apapun itu platform yang digunakan, baik yang terbuka ataupun tertutup, tak terkecuali dengan CMS berbayar sekalipun  sangat memungkinkan terdapat celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang orang tak bertanggungjawab.
  4. Fitur yang Dapat Diandalkan. Karena sifatnya yang open source, maka fitur-fitur di dalam wordpress berkembang sangat pesat dan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Ribuan tema website (themes) maupun plugin, baik yang gratis maupun berbayar tersedia di wordpress.org untuk Anda download. Themes dan plugin ini akan mendukung Anda sesuai dengan tujuan pembuatan website. Keunggulan wordpress dalam konteks fitur ini merupakan salah satu hal yang menjadikannya sebagai CMS paling populer di seluruh dunia.
  5. Website sekaligus Blog. WordPress mendukung penggunanya untuk membuat blog di dalam wordpress. Selain hal ini memudahkan pengguna untuk mengelola website (karena tidak perlu mengelola web dan blog secara terpisah), penggunaan blog di dalam website juga dapat meningkatkan polaritas halaman website yang bersangkutan. Mesin pencari dapat melakukan index, tidak hanya pada halaman depan, namun juga pada halaman blog dan posting blog. Semakin sering pengguna melakukan pembaharuan blog pada websitenya, maka akan semakin tinggi kemungkinan mesian pencari melakukan index pada website.
  6. Tampilan yang Profesional dan Fungsional.  Tampilannya yang semakin profesional dan fungsional. Saat ini jutaan website di dunia menggunakan wordpress sebagai CMS dengan tampilan yang profesional. Fungsi HTML5 yang responsif juga terdapat pada CMS wordpress. Fitur HTML5 memungkinkan website untuk dapat diakses di berbagai media dengan berbagai ukuran dan berbagai browser.
  7. SEO Friendly. Sudah bukan rahasia lagi bahwa SEO (Search Engine Optimization/Optimalisasi Mesin Pencari) adalah pekerjaan yang rumit untuk banyak orang, terutama yang tidak memilki latar belakang pengetahuan coding. WordPress adalah CMS yang bersahabat dengan mesin pencari seperti Google dan Bing. Disebut bersahabat, karena wordpress memang dibuat untuk dikenali oleh mesin pencari. CMS wordpress juga dilengkapi dengan berbagai plugin gratis yang dapat mendukung Anda untuk mengatur hal-hal penting berkaitan dengan SEO. Ini merupakan keunggulan wordpress yang cukup menguntungkan.
Dalam tutorial kali ini, kami akan membantu anda dalam menambahkan postingan, menu, dan widget. Setiap theme memiliki fitur yang berbeda-beda. Untuk tutorial ini, kami akan menggunakan fitur default wordpress. Langsung saja berikut Tutorial Menambahkan Post, Menu dan Widget di Wordpress: TUTORIAL MENAMBAH POST 1.Masuk kehalaman admin, scroll mouse ke Post > klik add new post

Klik Add New Post

2. Isi kan judul dan isi beritanya di bagian Judul dan Teks

Masukkan Judul dan isi post

3. Scroll ke bawah dan ceklist/centang Kategori beritanya, jika belum ada kategori yang diinginkan bisa klik add new category, Ketik dan klik add

Ceklist Categorinya

4. Untuk menambah gambar pada berita kita, klik Add Media dan pilih gambar beritanya

Klik Add Media

Klik Upload

Upload Gambarnya

Klik Insert to post

Tinggal disesuaikan untuk letak gambarnya 5. Selanjutnya adalah masukkan gambar Featurednya > klik Set Feature Image dan lakukan langkah seperti menambah gambar diatas

Klik Upload

 

Upload Gambarnya

 

Set as featured image

6. Selanjutnya scroll ke atas dan klik publish  

Tutorial Menambah Menu

1.Masuk ke halaman admin > scroll ke Appareance > arahkan ke Menus

Scroll ke Menus

  2. Jika sebelumnya belum ada menu atau ingin membuat menu baru, bisa klik > Create a new menu > Masukkan nama menunya > jika sudah, klik save > selanjutnya klik dropdown menu seperti dibawah dan klik select

Klik Create a new menu

    3. Untuk menambahkan menu page, Category postingan dll, pastikan anda sudah membuat Page nya, jika sudah dibuat ceklist menu yang diinginkan dibagian kiri dengan title Pages setelah itu klik Add to Menu.

Klik Screen Options terlebih dahulu

 

Untuk menambah menu, bisa klik dropdown di bagian kiri

 

Ceklist yang akan ditambahkan, dan klik Add to menu

4. Anda dapat membuat sub-menu ataupun sub-sub menu dengan cara klik dan tahan menu yang ingin dijadikan sub-menu dan pastikan kotak hover berada dibawah menunya.

Tahan mouse dan geser untuk memindah posisi menu

 

Hasilnya seperti ini

5. Selanjutnya centang: -Main Menu: untuk menampilkan Main menu -Top Menu: untuk menu Paling atas sendiri (dibagian kanan atas, seperti menu logout, my account dll) -Tidak perlu dicentang: Jika ingin menu tersebut dijadikan sebagai Widget 6. Jika sudah, save menu dan cek Website anda.  

TUTORIAL WIDGET (Footer, Sidebar)

  1.Masuk ke halaman admin, scroll mouse ke Apparance > klik Widgets

Scrool mouse ke Appaerance > Widget

2. Penjelasan Masing2 Widgets: - Archives: adalah menampilkan tanggal atau bulan artikel2 yang dibuat -Image: Menambahkan Gambar -HTML: Menambahkan kode HTML (Seperti iklan dan lain-lain) -Recent Post: Menampilkan Postingan Terbaru -RSS: Menampilkan RSS Feed dengan memasukkan kode RSS yang anda punya -Video: Menambahkan Video -Recent Comment: Menampilkan komentar terbaru -Audio: Menambahkan Audio - Calendar: adalah untuk menampilkan kalender -Categories: adalah untuk menampilkan Categories postingan/artikel -Custom menu: adalah untuk menampilkan menu yang sudah kita buat - Meta: menampilkan url wordpress bawaan -Pages: Menampilkan daftar semua page yang sudah kita buat -Search: menampilkan kolom pencarian -Tag Cloud: menampilkan Tags yang sering digunakan - Text: menampilkan text, Gambar(menggunakan html), script dan lain2 Untuk membuat custom menu ini adalah: 1.Buka Tab Baru di Halaman admin, Scroll mouse ke Appaerance > Menus

Scroll ke Menus

  2. Jika sebelumnya belum ada menu atau ingin membuat menu baru, bisa klik > Create a new menu > Masukkan nama menunya > jika sudah, klik save > selanjutnya klik dropdown menu seperti dibawah dan klik select  

Klik Create a new menu

    3. Untuk menambahkan menu page, Category postingan dll, pastikan anda sudah membuat Page nya, jika sudah dibuat ceklist menu yang diinginkan dibagian kiri dengan title Pages setelah itu klik Add to Menu.

Klik Screen Options terlebih dahulu

 

Untuk menambah menu, bisa klik dropdown di bagian kiri

 

Ceklist yang akan ditambahkan, dan klik Add to menu

4. Anda dapat membuat sub-menu ataupun sub-sub menu dengan cara klik dan tahan menu yang ingin dijadikan sub-menu dan pastikan kotak hover berada dibawah menunya.

Tahan mouse dan geser untuk memindah posisi menu

 

Hasilnya seperti ini

5. Selanjutnya centang:   -Tidak perlu dicentang: Jika ingin menu tersebut dijadikan sebagai Widget 6. Jika sudah, save menu dan kembali ke tab widget. Jika sudah dibuat, maka bisa dipilih yang mana yang akan jadi Sidebar menunya

  Agar anda mendapatkan kemudahan dalam mem-build website anda menggunakan wordpress, rekomendasi anda bisa mendownload Theme, terutama Theme premium. Dengan Theme Premium, fitur yang sangat membantu adalah Page Buildernya, Page Builder ini dapat membantu menambahkan Element-element yang tidak ada di bawaan Wordpressnya dan kita dapat membuat Page dengan rapi dan elegan. Jika anda menginginkan Theme Premium, kami memiliki Layanan Jasa Install Theme Premium Dari Themeforest dengan pembelian menggunakan Rupiah. Baca selengkapnya: Layanan Jasa Install Theme Premium Dari Themeforest   Sekian Tutorial Menambahkan Post, Menu dan Widget di Wordpress , Semoga dapat membantu dalam pengembangan website anda :) Terimakasih