Tutorial Merubah Password Webmail

Tutorial Merubah Password Webmail - Email adalah sebuah layanan surat elektronik yang dikirim dari alamat satu ke alamat lainnya melalui internet. Dengan menggunakan email kita bisa mengirimkan surat elektronik ke semua alamat email di seluruh dunia dengan biaya yang terjangkau, Kita hanya perlu membayar biaya internet saja. Untuk Jenis Email sendiri, terdapat 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web. Untuk tutorial berikut akan membahas merubah password E-mail berbasis web, yaitu Webmail.  Webmail adalah suatu aplikasi khusus yang disediakan penyedia layanan email untuk mengakses email melalui sebuah browser, seperti contohnya Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera, Google Chrome, dan lainnya. Keunggulan menggunakan web mail adalah. kita bisa mengorganisir email yang kita miliki dengan leluasa dibanding dengan software email client. selain itu di web mail. kita bisa menggunakan fitur – fitur yang mungkin tidak bisa didukung di email client karena tidak semua fitur yang dimiliki oleh provider email didukung langung oleh email client. semisal chat yang ada pada gmail atau yahoo. Kegunaan e-mail domain sendiri sama dengan kegunaan email seperti yahoo, G-mail, rocketmail, dsb yaitu sebagai Media Komunikasi, Media Pengiriman, Media Promosi, Media Informasi, Pembuatan akun-akun website, aplikasi dll, dan Sosial Media. Tetapi perbedaan di E-mail domain ini adalah tentu menggunakan nama website atau brand kita :) Manfaat menggunakan E-mail domain sendiri adalah:

  • Reputasi
Jika perusahaan memiliki email dengan nama domainnya sendiri, tentu akan memberikan reputasi yang sangat bagus.Dengan adanya hal tersebut akan membuat Anda dan perusahaan terlihat lebih profesional, baik itu di mata sesama pebisnis, maupun konsumen.Memiliki email dengan nama domain sendiri sangat memungkinkan orang lain lebih percaya untuk mengirim email, dan terlihat memiliki integritas yang tinggi dibanding menggunakan email gratisan, seperti Yahoo! dan Gmail.
  • Email Lebih Terarah
Hal satu ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih layanan hosting Indonesia untuk perusahaan. Dengan menggunakan layanan email melalui salah satu penyedia hosting murah, maka dipastikan bahwa traffic email akan stabil dan cepat. Hal ini dikarenakan email yang Anda kirim atau terima tidak tergabung dengan pengguna email lainnya di seluruh dunia, seakan server email milik Anda sendiri.
  • Keamanan
Keamanan data merupakan hal yang penting, terutama menyangkut data perusahaan, dimana semua komunikasi yang terjalin antar karyawan, perusahaan, klien dan pelanggan adalah bersifat rahasia. Hal inilah yang akan menguatkan mengapa perusahaan harus memiliki email dengan nama domain sendiri dan menggunakan layanan hosting yang terpercaya dalam menjaga keamanan data email perusahaan.
  • Kapasitas Email
Layanan email gratis seperti Yahoo! dan Gmail memiliki batas bandwidth, kapasitas email ataupun user dalam sebuah grup. Sementara, jika Anda menggunakan email dengan nama domain sendiri, Anda akan lebih leluasa dalam mengatur kapasitas penyimpanan email, ditambah dengan spesifikasi tinggi dari penyedia layanan hosting yang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan email Anda. Nah, Ketika anda lupa password atau mendapat E-mail domain dari Progammer atau atasan anda, di tutorial berikut terdapat 2 cara, yaitu Mengganti password Webmail melalui cPanel dan cara kedua adalah melalui Webmailnya sendiri. Untuk melalui cPanel, pastikan anda sudah mendapatkan akses cPanelnya terlebih dahulu.  

A. Merubah Password Webmail Melalui cPanel

Untuk merubah password melalui cPanel, pastikan sudah mendapatkan akses cPanel atau Client Area (beberapa provider hosting memiliki shortcut ini.) Baca juga: Tutorial Login cPanel melalui Client Area). Jika sudah silahkan mengikuti tutorial berikut:  
  1. Masuk cPanel, anda bisa masuk cPanel melalui client area atau bisa melalui namadomainanda.com/cpanel dan masukkan user passwordnya
  2. Setelah masuk cPanel, silahkan klik Email Account seperti gambar berikut   3. Setelah masuk ke Email Accounts, anda bisa langsung klik Password dan masukkan Password yang baru, dan pastikan untuk menyimpan password tersebut :)   Cara diatas berlaku bagi anda yang memiliki full access hostingnya :).  

B. Merubah password Webmail Melalui Webmail

  Jika anda mempunyai E-mail domain baru dan ingin mengganti password yang diberikan karena tidak sesuai dengan keinginan dan rumit/tidak mudah dihafal, Silahkan bisa merubah password tersebut dengan cara masuk Webmail terlebih dahulu. Untuk akses webmail melalui namadomainanda.com/webmail. Baca juga: Cara Membuka Email Domain Melalui Webmail cPanel . Pada dasarnya, cara ini sama dengan Merubah Password Webmail Melalui cPanel diatas, tanpa basa basi, berikut caranya:  
  1.  Silahkan masuk ke namadomainanda.com/webmail , dan isikan user/email dan passwordnya.
2.  Jika sudah masuk, silahkan klik Dropdown dekat nama email anda > klik  Password & Security   3. Selanjutnya, jika sudah masuk, silahkan masukkan password yang anda inginkan. Mudah bukan :)     8. Pastikan anda menyimpan passwordnya dengan baik.   Selain itu, hal yang paling penting adalah Keamanan E-Mail, terutama saat melindungi login e-mail dan pesan kita. Hal ini sangatlah penting, karena risiko keamanan terjadi selama transmisi data, terutama pada jaringan mobile dan nirkabel(wireless). Dan tentunya, akun email anda bisa saja diretas dan diganti passwordnya untuk penggunaan yang merugikan. Selain itu yang harus anda ketahui tentang mengamankan E-mail dari peretasan adalah bagaimana caranya melawan E-Mail SPAM dan Virus. Hal ini tentu sangat tidak enak dipandang dan harus berhati-hati saat membuka E-mail sendiri. Dibawah ini adalah sedikit tips untuk mengantisipasi hal tersebut :
  • Pastikan anda sudah memiliki antivirus ter-update.
  • Update Email Client anda ke versi yang paling terkini. Jika anda memiliki masalah dalam proses update dengan email client anda, cobalah program Thunderbird yang gratis, Baca juga: Tutorial Setting Email Domain di Tundherbird . Virus/Malware banyak menargetkan program email yang sudah tidak update-update.
  • Jangan membuka email yang berisi file yang mencurigakan walaupun nama pengirimnya adalah orang yang anda kenal.
  • Hindari berlangganan newsletter gratis, undian atau kegiatan sejenis lainnya. Hal ini biasanya menghasilkan peningkatan jumlah pesan spam dalam kotak masuk Anda.
Agar Lebih aman, pastikan anda menyimpannya dengan baik, dan jika E-mail ini adalah hal yang wajib di rahasiakan, tentunya silahkan disimpan di tempat yang mungkin Teman atau Kawan anda tidak ketahui (rekomendasi juga clear dari list semisal notepadnya) :) Sekian Tutorial Merubah Password Webmail, Semoga dapat membantu anda :) Jika anda kesulitan atau terdapat pertanyaan seputar tutorial diatas, silahkan bisa Hubungi kami :).